Kamis, 05 Mei 2011

ABSTRAK


Tria Muhammad Aris. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola Melalui Pembelaran Variasi Berantai Pada Siswa Putri Kelas X SMK Shalahuddin Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. FPIEK. IKIP Budi Utomo Malang. Pembimbing : Drs. H. Budijanto,M.Kes

Kata Kunci: Teknik dasar sepak bola dan Pembelajaran variasi berantai

Sepak bola merupakan permainan yang sangat populer, karena permainan ini banyak dilakukan oleh kalangan anak – anak, orang dewasa bahkan orang tua. Keterampilan dasar dalam permainan sepak bola ada beberapa macam dan salah satunya adalah passing bawah dengan kaki bagian dalam. Pada pembelajaran passing bawah selama ini peningkatan aspek passing seperti akurasi bola dengan kaki, keseimbangan tubuh pada saat melakukan pasing dan lain – lain. Masih belum terlalu mendaoat perhatian yang serius . untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimanakah peningkatan teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam melalui pembelajaran variasi berantai pada permainan sepak bola?, 2) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran variasi berantai dalam paningkatan keterampilan  teknik dasar passing bawah dengan kaki bagiandalam pada permainan sepak bola?
            Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan deskripsi objektif mengenai peningkatan kemampuan teknik dasar sepak bola melalui pembelaran passing bervariasi pada siswa putri kelas X SMK Shalahuddin Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas X SMK Shalahuddin Malang tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan peningkatan dan efektifitas pembelajaran passing bawah dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola.
            Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, dan metode tes. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah dengan kaki bagian dalam selama 30 detik pada jarak 2 meter. Maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembelajaran variasi berantai dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa putri kelas X SMK Shalahuddin Malang. Hal ini terlihat dari nilai tes yang dihasilkan pada siklus I, II dan III yakni pada siklus I ketuntasan sebesar 16,66%. Siklus II 50% dan siklus III ketuntasan siswa mencapai 73.33%. 2) Pembelajaran variasi berantai terbukti efektif dalam peningkatan kemampuan teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas X SMK Shalahuddin Malang.
               Sarannya adalah 1) bagi peneliti lain, diharapkan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan atau materi pokok yang berbeda yang menggunakan jenis penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas. 2) Bagi guru bidang studi, diharapkan menggunakan pembelajaran variasi berantai yang sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk kegiatan pembelajaran di sekolah, dan juga dapat mengembangkan model pembelajaran – pembelajaran yang lainya guna meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar